Dorama Oh Dorama

9:11 PM Dika 12 Comments

Yosh! Akhirnya aku nge-post lagi. Udah lama banget yak? Well, belakangan ini aku emang jarang banget ngepost di blog. Why kenapa? Itu mungkin karena sebelumnya di sekolahku baru aja selesai UTS. Di samping itu, aku juga lagi tergila-gila sama yang namanya dorama.

Apaan tuh Dorama?
Nah, gini...


Akhir-akhir ini aku demen banget nonton film-film jepang. Terutama drama jepang. Drama jepang ini namanya J-Drama. Nah, dorama itu cuman pelafalan kata drama buat orang-orang di jepang.


Awalnya aku dikenalin drama yang judulnya Majisuka Gakuen. Itu pun aku tertarik karena pemainnya member AKB48. Hehe. Karena jalan ceritanya keren, aku kecantol nonton terus sampe season 2. Karena saat itu Majisuka Gakuen season 3 belum keluar. Aku mulai panic at the disco! Aku kehabisan bahan tontonan. Kalo nonton FTV di SCTV, udah terlalu mainstream. Nonton sinetron di MNC TV, jadul abis. Indosiar? Ya, aku benci naga dan motor terbang.

Di saat-saat aku hampir bunuh diri karena gak ada tontonan bermutu di negeri kita, aku terselamatkan oleh temanku. Dia ngasi aku dorama Shiritsu Bakaleya Koukou. Dan, disana ada member AKB48 nya lagi. Asik dah.

Semenjak itu aku terus nyari-nyari dorama-doramanya AKB48. Tapi dorama dari AKB48 terbatas, akhirnya aku mulai nyoba-nyoba dorama tanpa AKB48. Ternyata, orang jepang itu selain matanya sipit, mereka kreatif dan keren banget! Mulai saat itu aku kecanduan nonton dorama. Kalo gak ada dorama, sepertinya hidupku kayak onta liar, gak punya tujuan hidup.

Nah, aku pengen berbagi beberapa dorama yang pernah aku tonton. Cuma sedikit sinopsis dan review aja.


Dorama yang Banyak Adegan Berantem:

1. Majisuka Gakuen



Dorama ini menceritakan kehidupan cewe-cewe yankee (cewe nakal yang doyang berantem) di suatu sekolah. Dorama ini adalah yang pertama aku tonton. Walaupun pemerannya member AKB48, mereka dirias sejelek-jeleknya disini. Namanya juga cewe-cewe yang doyan berantem. Semacam Crow Zero lah. Tapi versi cewe.

2. Shiritsu Bakaleya Koukou



Dorama ini menceritakan bagaimana dua sekolah yang bener-bener bertolak belakang malah digabung. Sekolah laki-laki yang bernama "Bakada" dan sekolah khusus perempuan "Cataleya". Sekolah Bakada ini isinya cowo bengal semua, goblok, doyan tawuran, dan bikin onar. Sedangkan sekolah Cataleya isinya cewe-cewe anak orang kaya yang cantik, anggun, dan pintar. Eh, keduanya itu malah digabung! Chaos! Tapi, disanalah letak kerennya.

Dorama yang Bikin Nangis Bombay

1. Sakura Kara no Tegami



Dorama yang satu ini bener-bener super! Untuk pertama kalinya, aku nonton film sampe nangis! Iye, sampe nangis! Dorama ini lah yang pertama kalinya berhasil bikin aku nangis-nangis bombay. Di film ini pemainnya juga member AKB48. Jalan ceritanya bagus banget. Bener-bener menekankan permasalahan di kehidupan remaja yang sekarang. Masalah sama orang tua, dikucilkan temen sekelas, seks bebas, dan banyak lagi. Aku banyak belajar dari dorama ini. Banyak nilai-nilai kehidupan dan pendidikan yang secara nggak sadar udah kita dapet setelah nonton dorama ini. Sugoi!

2. Hanazakari no Kimitachi e (2011)



Ada salah satu member AKB48 yang main disini, Atsuko Maeda (Acchan). Ini ceritanya tentang cewe yang nyamar jadi cowo, dan dia masuk ke SMA khusus cowo. Sebenarnya ini dorama yang paling komplit menurutku. Komedinya jelas dapet banget. Bayangin aja cewe yang tinggal di asrama yang isinya cowok semua. Banyak kejadian konyol yang terjadi. Selain itu, romance nya juga dapet banget. Apalagi kisah friendship-nya. Beuh! Kerasa banget dah! Dan itulah yang berhasil bikin aku nangis.

3. Hammer Session



Dorama ini ceritanya tentang seorang penipu kelas atas yang secara kebetulan berhasil lolos dari polisi. Dan secara nggak sengaja, penipu ini tiba di sebuah SMA yang gurunya stres dan mau ngebakar itu sekolah. Akhirnya karena berhasil menghentikan ulah si guru stres itu, penipu itu diangkat menjadi guru oleh kepala sekolah disana. Saat itulah petualangannya dimulai. Setiap episodenya dia menolong siswa-siswa yang bermasalah di kelasnya. Dorama ini banyak mengajarkan nilai-nilai kehidupan dengan cara yang beda. Keren banget.

4. GTO: Great Teacher Onizuka 2012 (Remake)
Mirip sama dorama Hammer Session. Tentang preman mesum bin cabul yang diangkat jadi guru. Ternyata dia berbakat menjadi guru. Dia mampu menyelamatkan setiap siswa yang bermasalah di kelasnya. Dorama ini aku sarankan buat yang baru-baru pengen nyoba ngikutin dorama.

Dorama yang Bikin Ngakak Sampe Mencret Darah

1. Sub a Doll (Saba Doru)



Pemainnya disini adalah idolaku di AKB48, Mayu Watanabe. Disini ceritanya Watanabe Mayu sebenarnya adalah wanita tua berumur 40 tahun yang bekerja sebagai guru. Tapi dia menyamar sebagai gadis yang berumur 17 tahun untuk menjadi idol di AKB48. Ini dorama paling sinting yang pernah aku tonton. Ngakak maksimal.

2. Ouran High School Host Club



Dorama ini  adalah dorama tanpa AKB48 yang pertama aku tonton. Ceritanya tentang cewek miskin yang dapet beasiswa di sekolah paling elite di jepang. Dan, secara nggak sengaja ngejatuhin guci seharga 8 juta yen. Guci itu ada di ruangan klub host. Klub aneh yang dibikin oleh pria-pria ganteng (tetep aku lebih ganteng). Jadi, cewe itu harus kerja di klub host itu sampe hutangnya lunas.

Dorama yang Bikin Penasaran

1. Mirai Nikki



Ini dorama yang konsep ceritanya keren banget. Tentang cowok yang dapet sebuah HP limited edition. Dan, HP itu ada aplikasi semacam diary masa depannya. Awalnya banyak hal-hal menyenangkan yang tertulis di diary itu, dan semuanya jadi kenyataan. Tapi, kemudian ada tulisan aneh di diary itu. Muncul tulisan aneh berwarna merah, disana dikatakan "Dead End". Itu berarti pemilik HP itu akan mati pada waktu yang telah ditentukan. Disinilah petualangannya dimulai, dia harus menghindari kematian yang akan menimpanya. Di setiap episodenya selalu ada hal-hal menarik yang bikin aku pengen lanjut nonton episode selanjutnya.

2. Kaseifu no Mita



Satu lagi dorama yang penuh dengan misteri. Aku sih baru nonton episode 1 aja. Tapi ceritanya keren. Tentang pembantu yang aneh dan misterius. Dia bisa ngelakuin apa aja yang disuruh tanpa melakukan kesalahan sedikitpun. Anehnya, ekspresi mukanya dingin abis. Gak pernah senyum. Inilah yang bikin aku tertarik sama dorama mistery ini.


Sebenernya masih ada beberapa dorama lagi yang belum aku sebutin di atas. Hah, seandainya industri film Indonesia bisa berkaca pada drama Jepang, pasti aku betah di rumah. Ada beberapa hal yang bikin aku kecantol sama dorama. Drama Jepang itu ceritanya unik dan nggak bisa ditebak. Di setiap dorama juga pasti ada pembelajaran penting yang kita dapet secara nggak sadar. Dan, cerita-ceritanya deket banget sama kehidupan kita yang sebenarnya. Misalnya, kalo di sinetron adegan belajar di kelas hampir nggak ada, murid SMA ke sekolah pake mobil keren atau pake motor keren, kerjaan anak SMA cuma pacaran, dan cerita cintanya terlalu cengeng. Hoek. Apalagi yang di Indosiar itu. No comment lah. Nah, kalo dorama beda. Kegiatan belajar di kelas tetep ditampilin walaupun dengan gaya yang berbeda (lebih seru gitu). Murid SMA disana gak ada yang bawa kendaraan sama sekali, semuanya jalan kaki. Paling mewah pake sepeda. Trus, kegiatan pacaran di dorama nggak begitu ditekan. Lebih ke proses sebelum pacaran, jadinya lebih seru. Dan, kisah cinta di dorama juga tetep ada, tapi nggak cengeng. Dan, yang terakhir adalah efek animasinya jelas jauh lebih keren daripada animasi naga di Indosiar.

Yeah, sepertinya sampe di sini curhatanku tentang dorama. Sampai jumpa di postingan berikutnya! Bye.

Yosh! Akhirnya aku nge-post lagi. Udah lama banget yak? Well, belakangan ini aku emang jarang banget ngepost di blog. Why kenapa? Itu mungki...

12 comments:

MITA said...

dikaaa...bagi doramanya TT TT
kayaknya yg bakaleya keren tuh...
bak nonton taiyou no uta, menguras airmata itu XD sm koizora juga...

Dika said...

bakaleya ya? cari aja di pareparesubs.blogspot.com

taiyou no uta? koizora? nanti tak coba

~Runni said...

halo~ salam kenal ;D runni disini~

wah penggemar dorama juga? saya juga suka doramaaa banget TT ^ TT

dorama jepang punya ciri khas sendiri ya kayak humornya yg lebe abis ataupun kalo sekalinya 'dark' ya bener2 dark 8D

coba tonton ryuusei no kizuna deh itu juga bagus o.o9

Dika said...

hai ~Runni..
salam kenal juga.
oke deh, kapan2 aku cobain ryuusei no kizuna.

gatau said...

wakkawkaw, naga dan motor terbang :v

shika• said...

Salam kenal..
Aq juga penggemar dorama2 jepang..
Aq mw nambahin dikit nih..
Bagi yg suka film detektif :
1.tantei gakuen q
2.hidarime tantei eye
3.conan live action
4.kindaichi live action (season 4 dah keluar tuh yg pemainnya ichibanku yamada ryosuke)
4.q.e.d
5.galile
6.furuhata chuugakusei
7.kisaragi
Yg genre sekolahan:
1.gto(menurut aq gto 1998 lebih bagus,pemainnya cakep2 pula)
2.gokusen season 1-3
3.scrap teacher
4.sensei wa erai
5.samurai high school
6.risou no musuko (recomended)
yg mw agak2 berat tp kerennnn abiz:
1.bloody monday Season 1-2
2.kurosagi
sekian dulu deh,sebenernya masi bnyk..tp jempol dah kapalan nih buat nulisin semuanya..
Met nonton..

Anonymous said...

tanks atas beberapa rekomennya, ak juga punya dorama/movie jepang bagus
1 litre o tears : cerita soal diary anak yg terkena penyakit kelainan otak, nangis dari awal sampai akhir tapi menginsoirasi sekali

Anonymous said...

ada juga firework from heart : bikin nangis juga tapi ini lebih perjuangan seorang adik untuk kakak... dan kakak untuk mewujudkn mimpi adiknya~

lalu dorama asuko march - love, action, friendship, jadi satu semua seru pokoknya :D

Beautiful Rain : soal anak kecil yang luar biasa banget, wajib ditonton!! bikin kalian sadar soal sayang ke ortu~

lalu Bad Boys J! : karya nogizaka46 dan beberapa member JE, keren abis~
agak yankee, but friendshipnya bagus banget~

Anonymous said...

thanks buat recommend ny ^___^
Kaseifu no Mita itu sama dengan "The suspicious Housekeeper" >>> ini versi korea ny.....
keren banget tu drama ny ;)

alan said...

mantap gan
kunjungi blog lanazalia.blogspot.com
full diary comedy

Anonymous said...

hai haiii..
salam kenal dari sesama penggemar dorama..
mau share aja, aku udah nonton bakaleya, GTO, itu bener2 keren banget.. Bad Boys J juga wajib ditonton tuh.. xD

nyari2 film sejenis itu ada apa lagi yaa?? ada referensi ga?

Unknown said...

#awkwakawk asli mang seru DORAMA bikin ketagihan...

GTO Remake yg pertamakali ane tonton Sumvah itu keren bgt T.T

Menurut ane GTO bs masuk tonjok2an :v, Komedy, Sedih, Campur aduk lah #awkwakwak