Rindu Surabaya, Namun Terlalu Nyaman untuk Pergi

1:04 AM Dika 0 Comments


Aku kangen Surabaya.
Kangen Kuliah.
Kangen ketemu dosen.
Kangen bikin tugas.

Tapi Bali masih terlalu nyaman.

Selamat malam blogku tercinta. Udah lama banget ya aku gak ngepost disini. Iya. Lamaaaa bangeett. Ini blog saking lamanya ditinggal sama penulisnya, sampe banyak sarang laba-labanya, banyak taneman liar merambat dimana-mana, banyak gelandangannya, banyak.. ya.. gitu deh.

Yak, seperti yang tertulis di paragraf paling awal. Aku mengawali corat-coret kali ini dengan dusta yang menjijikkan. Kenapa? Gatau juga sih.

Saat tulisan ini ditulis, jam sedang menunjukkan pukul 00.18 WITA. Akhirnya memutuskan untuk menulis. Padahal udah mikir dari pagi tadi pas baru bangun. Yah, begitulah. Setelah berkutat dengan game, baca manga, dan utak-atik website ITS EXPO 2016 yang tak kunjung selesai, akhirnya aku memutuskan untuk nulis random.

Well, udah sebulan lebih ngerasain liburan di kampung halaman. Gak kerasa emang. Masih sisa kurang lebih sebulan lagi liburan yang indah ini. Rasanya baru kemarin mesen tiket pulang, terbang pagi-pagi buta, meninggalkan Surabaya, meninggalkan segala urusan perkuliahan yang melelahkan.

Setelah merasakan yang namanya merantau, entah kenapa jadi suka kangen dengan hal-hal kecil yang ada di kampung halaman Bali. Iya, hal-hal kecil. Sesuatu yang mungkin gak semua orang bisa sepikiran sama aku.

Jalanan di Bali yang sexy. Uh. Iya. Jalanan di Bali itu gak kayak di Surabaya. Jalan di bali itu lebih.. Apa ya. Lebih berliku-liku. Istilahnya it has curve. Banyak belokannya. Banyak naik-turunnya. Dan juga lebih sempit gitu, jadi kalo berkendara gabisa seleluasa di Surabaya. Yah... kalo dianalogikan, jalanan di Bali itu mungkin kayak cewe sexy gitu ya. Tubuhnya berlekuk-lekuk. Dan sempit. Uh. Iya sempit.

Bisa ngomong "lagi satu" (yang kata orang-luar-bali itu yang bener "satu lagi") tanpa merasa bersalah. Kebiasaan orang Bali ngomong "lagi satu" baru aku sadari ternyata beda dari daerah lain setelah kuliah di Surabaya dan bertemu dengan orang-orang dari berbagai daerah. Di Surabaya, aku selalu waspada dengan hal ini. Dan setelah pulang kampung.. AAAHHH.. Lega cuy.

Bertemu dengan kebiasaan mamakku yang dalam mengingat posisi benda sangatlah tajam. Mungkin banyak orang yang diluar sana juga punya mamak yang seperti itu. Tapi ini agak beda. Ingatan mamakku bener-bener tajam.

***

Pernah waktu itu aku lagi main game malem-malem.
Saat itu udah agak larut, jadi mamakku tidur duluan, dan ngingetin aku untuk sikat gigi. Aku iyain aja lah ya, sebagai anak yang baik hati. Tapi sampe lewat jam 12 malem aku belum gosok gigi juga. Jadi karena udah terlalu ngantuk dan terlalu malas untuk ke kamar mandi, akhirnya ya aku tidur aja. Dan besok paginya mamakku nanya..

Mamak: kaa~
Aku: iya?
Mamak: KAAA...
Aku: IYAA APAAA??
Mamak: ka el em en o pe qi~

Ternyata itu mimpi. Aku belum bangun. Dan setelah aku udah bener-bener bangun, terus mandi, dan tak lupa menggosok gigi. Habis mandi kutolong Ibu. Membersihkan tempat tidurku. Nah pada saat itu mamakku nanya...

Mamak: kaa~
Aku: iya??
Mamak: kemarin kamu belum sikat gigi ya?
Aku: Ah, udah koookk. Kemarin kan-
Mamak: JANGAN BOHONG!!!!
Aku: lah beneran, kemarin mamak pas udah tidur-
Mamak: BOHONG!!
Aku: beneran koookkk.. apa buktinya kalo Dika boong?
Mamak: mama tau kamu belum sikat gigi.. soalnya SIKAT GIGI SAMA ODOLNYA GAK KEGESER SEDIKITPUN!!!!

***

Begitulah. Ingatan seorang mamak ternyata bisa semengerikan itu.

Yak mungkin itu aja dulu untuk sharing-sharingnya malem ini. Cuma tulisan random, biar bisa makin rajin nulis. Mungkin nanti aku bakal tulis juga tentang pengalaman liburanku yang udah lewat kemarin di beberapa post kedepan. Ada cerpen juga mungkin, soalnya kemarin tiba-tiba kepikiran ide cerita. Semoga gak wacana sih ya.

Masih ada sebulan lagi sebelum balik ke Surabaya menghadapi kenyataan. Jadi mari menikmati waktu bermalas-malasan yang berharga ini. Hohoho~

Aku kangen Surabaya. Kangen Kuliah. Kangen ketemu dosen. Kangen bikin tugas. Tapi Bali masih terlalu nyaman. Selamat malam blogku ...

0 comments: